PEMANFAATAN ICE BREAKING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK AUTIS (STUDY DI AUTIS CENTER KOTA BENGKULU)

Main Author: Alawiyah, Rizqa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3812/1/RIZQA%20ALAWIYAH.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3812/
Daftar Isi:
  • Ice breking adalah suatu aktivitas kecil dalam suatu kegiatan yang bertujuan agar individu mengenal yang lain dan merasa nyaman dengan lingkungan barunya. Bentuk video yang akan diberikan dalam mengatasi problem pada siswa yang memiliki kekurangan dalam berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain di sekolah adalah video ice breaking. Tujuan Penggunaan ice breaking di sekolah luar biasa (Autis Center) sangat membantu dalam menciptakan suasana yang menyenangkan, kreatif, dan dinamis pada anak-anak Dari hasil peneltian ini diperoleh dari guru BK, hasil kajian teori dan empirik sangat diperlukan hadirnya model atau panduan video ice breaking dalam meningkatkan keterampilan sosial anak. Kajian teori atau studi literatur terkait dengan ice breaking dan keterampilan sosial anak kemudian di rumuskan perumusan masalah untuk di kaji. Dengan pengkajian litelatur dan analisis kebutuhan bertujuan untuk mengetahui kebutuhan penerapan program peningkatan sosial anak di sekolah, melalui kajian literatur dan analisis kebutuhan di sekolah maka akan diperoleh problem dan masalah sosial yang dihadapi oleh anak serta kebutuhan yang diperoleh dalam menghadapi problem tersebut. Maka dengan mengacu kepada analisis kebutuhan dan studi literatur tersebut peneliti melakukan penelitian video ice breaking sebagai media BK dalam meningkatkan keterampilan sosial anak, yang berlandas pada teoritis yang kuat dan memiliki peluang implementasi baik.