PENGARUH BERMAIN GAME MARBEL BELAJAR SHALAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 03 BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG

Main Author: Yanti, Wilda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3763/1/WILDA%20YANTI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3763/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dari banyaknya game yang berpengaruh terhadap prestasi belajar anak. Jadi penelitian digunakan untuk mengetahui pengaruh game marbel belajar sholat dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam anak di Sekolah Dasar Negeri 03Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional. Jenis penelitian ini adalah penelitian (field research).Populasi penelitian ini adalah anak- anak sekolah dasar kelas dari kelas 1- 6 Sekolah Dasar Negeri 03 Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang.Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling. Jumlah sampel ini sebanyak 26 yaitu 10 % dari 250 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan dua variabel, yakni variabel Game marbel belajar sholat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Variabel game marbel terdiri 8 item dan prestasi belajar pendidikan agama islam 8 item. Berdasarkan hasil analisi data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bawa: memiliki pengaruh yang signifikan antara game marbel belajar sholat terhadap prestasi belajar penddidikan agama islam siswa pada sekolah dasar 03 bermani ilir Kabupaten kepahiang.hal ini dibuktikan dengan Diperoleh rhitung 0,3988 dengan N=26 pada taraf signifikansi 5 % sebesar 0,388 dan taraf 1 % 0,496 dengan demikian rhitung lebih besra dari rtabel ( 0,388 > 0,398 <0,496 ) sehingga ha diterima dan H0 ditolak hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikansi antara game marbel belajar sholat terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam.