PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN (MEANINGFUL INTRUCTION DESIGN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 109 BENGKULU UTARA
Main Author: | Huda, Miftahul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3759/1/MIFTAHUL%20HUDA.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3759/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Meaningful Intruction Design untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 109 Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model penelitia dari Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 109 Bengkulu Utara. Sebanyak 28 Siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran meaningful Intruction Design dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata persentase hasil belajar yang diperoleh dapat dilihat dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Rata-rata hasil belajar dari 28 siswa pada prasiklus sebesar 28%, siklus I meningkat menjadi 73% dan siklus II meningkat menjadi 100%. Adapun hasil observasi guru pada siklus satu mendapatkan skor 20 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 45 skor dengan kategori amat baik. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I mendapatkan 40 skor dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 40 skor dengan kategori baik.