PENGARUH MEDIA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Main Author: Winarti, Yupita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3740/1/YUPITA%20WINARNI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3740/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SDN 52 Kota Bengkulu salah satunya minimnya media pendukung pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media corong berhitung terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas II SDN 52 Kota Bengkulu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa/siswi kelas II SDN 52 Kota Bengkulu yang berjumlah 93. Sampel penelitian ini satu kelas yaitu kelas IIB dengan jumlah siswa 28. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik pusposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis menggunakan uji t. Hasil penelitian terdapat pengaruh penggunaan media Corong Berhitung terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Matematika siswa kelas IIB SDN 52 Kota Bengkulu. hasil ini dapat dilihat dari uji thitung 2,004 dan ttabel dengan df 54 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,004. Dengan demikian thitung˃ttabel (3,639˃2,004)