PENGARUH MEDIA PAPAN BERPAKU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SDN 118 PEMATANG RIDING KABUPATAN SELUMA

Main Author: Mulyani, Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3739/1/TRI%20MULYANI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3739/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat media papan berpaku dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 118 Pematang Riding Kabupaten Seluma. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen design dengan pendekatan nonequivalent group posttes only design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas VA yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional dan kelas VB berjumlah 28 siswa untuk kelas eksperimen menggunakan media papan berpaku Berdasarkan hasil uji one sampel T Test didapatkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,00 < 0,05. Ini berarti nilai Sig. (2-tailed lebih besar dari 0,05 berarti hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian thitung > ttabel (8,141 > 2,005) yang berarti (Ho) dalam penelitian ini ditolak dan hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima. Hal ini berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V di SDN 118 Pematang Riding Kabupaten Seluma. Dengan demikian penerapan media papan bergamar tersebut telah peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V di SDN 118 Pematang Riding Kabupaten Seluma.