PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NON DIRECTIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 ULU MUSI EMPAT LAWANG
Main Author: | Alianda, Apri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3714/1/APRI%20ALIANDA.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3714/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar PAI siswa yang masih kurang optimal, selanjutnya dalam kegiatan pembelajaran siswa kurang mampu untuk menangkap pembelajaran PAI yang disampaikan oleh guru, ini disebabkan penyampaian guru yang monoton, kurang memvariasikan metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran non directive dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 2 Ulu Musi Empat Lawang. Adapun jenis metode dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan kelas dapat diartikan sebagai proses pengkajian masalah pembelajaran didalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 2 Ulu Musi mengalami peningkatan melaluai penerapan model pembelajaran non directive. Hal ini terlihat dari hasil tes belajar dari siklus I dan siklus II yang meninggkat dari 62% menjadi 82,7%. Penggunaan penerapan model pembelajaran non directive juga dapat meningkatkan efisiensi pembelajaran PAI di SMPN 2 Ulu Musi dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik bagi siswa.