TIPOLOGI SOSOK ANAK SHOLEH DALAM FILM UPIN DAN IPIN DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Main Author: Leni, Sismi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3689/1/SISMI%20LENI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3689/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Tipologi Sosok Anak Sholeh dalam Film Upin dan Ipin dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam. Bertujuan untuk mengetahui Tipologi Sosok Anak Sholeh dalam Film Upin dan Ipin dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah bersifat kepustakaan (Library Research). Pendekatan Penelitian Kualitatif Literer/ Non Interaktif. Tekhnik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Metode Dokumentasi. Tekhnik Analisis data yang digunakan adalah tekhnik analisis isi ( Content analysis). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka penulis simpulkan bahwa: sosok anak sholeh dalam film Upin dan Ipin episode 1-6 tema Ramadhan meliputi sabar, mendirikan sholat, melaksanakan puasa, melibatkan anak dalam Amar ma’ruf dan rendah hati. Berdasarkan sosok tersebut yang terdapat dalam film maka dapat diartikan bahwa antara sosok anak sholeh dalam film Upin dan Ipin episode 1-6 tema Ramadhan ini relevan atau selaras dengan anak sholeh yang ada dalam pendidikan Islam. Film ini sangat memberikan motivasi bagi penonton baik anak usia dini maupun orang tua untuk melakukan kebaikan-kebaikan yang sesuai dengan syariat Islam. Terutama pada anak, dengan menonton film ini anak dapat mencontoh akhlak terpuji atau perilaku baik serta dapat meniru di kehidupan sehari-harinya karena anak sanagat rentan meniru apa yang dilihatnya. Serta orang tua juga di tuntut untuk selalu mengkontrol tayangan-tanyang yang ditonton anak agar tidak terjadi perilaku-perilaku menyimpang yang tidak di inginkan.