PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MUSIK PIANIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA KOTA BENGKULU
Main Author: | Raharjo, Arie |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3679/1/ARIE%20RAHARJO.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3679/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media musik pianika terhadap hasil belajar seni musik siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen design. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa, yakni terdiri dari kelas IV A 20 siswa kelas eksperimen dan kelas IV B 20 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil tes oleh peneliti dengan pengisian lembar tes maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media musik pianika berpengaruh terhadap hasil belajar seni musik siswa. Setelah kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, yang mana kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan media musik pianika dan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Adapun hasil penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar dimana dari hasil uji âtâ post test kedua kelompok,di peroleh thitung = 3,82 sedangkan ttabel dengan df 40 pada taraf singnifikan 5% yaitu 2,02. Dengan demikian, thitung > t tabel (3,82 > 2,02) yang berarti hipotesis (Ha) diterima, Terdapat pengaruh media musik pianika terhadap hasil belajar seni musik siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Bengkulu