PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DADU KATA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI SDN 61 KOTA BENGKULU
Main Author: | Depriyanti, Liza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3654/1/LIZA%20DEPRIYANTI.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3654/ |
Daftar Isi:
- Dalam proses belajar mengajar kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang kreatif. Hal ini menyebabkan dalam kegiatan pembelajaran siswa hanya mendengarkan penjelasan yang disampaikan tanpa terlibat banyak dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran dadu kata bergambar terhadap hasil belajar membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas II di SDN 61 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media dadu kata bergambar terhadap hasil belajar membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 61 Kota Bengkulu. Hal tersebut dibuktikan pada hasil pengujian uji âtâ terhadap kedua kelompok, diperoleh thitung = 2,743 sedangkan ttabel dengan df 52 pada taraf signifikan 5% yaitu 1,674. Dengan demikian thitung > ttabel (2,743 > 1,674) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan media dadu kata bergambar terhadap hasil belajar membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 61 Kota Bengkulu.