SISTEM PEMASARAN USAHA AYAM RAS PETELUR DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM DI DESA JENGGALU KECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN SELUMA
Main Author: | Anzari, Feri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3636/1/FERI%20ANZARI.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3636/ |
Daftar Isi:
- 1. Sistem pemasaran usaha ternak ayam ras petelur di Desa Jenggalu Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Pemilik usaha ayam ras petelur memberikan variasi telur ayam mulai dari telur ayam kecil sampai pada telur ayam yang besar. Harga termasuk harga standar sehingga tidak merusak pasaran. Sistem yang digunakan oleh pengusaha pada sektor harga adalah memberikan harga yang standar dengan kualitas yang baik dan memberikan diskon untuk pelanggan tetap. Usaha dalam hal ini kurang begitu aktif dalam melakukan promosi, bahkan usaha tidak menyediakan anggaran promosi rutin secara khusus. Untuk memasarkan produknya usaha mengandalkan jaringan yang sudah terbentuk secara langsung antara pembeli. 2. Tinjauan ekonomi Islam terhadap sistem pemasaran ayam ras petelur di Desa Jenggalu Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma adalah pelaku usaha ayam ras petelur sudah memiliki kepribadian yang baik dan spiritual (takwa). Pelaku usaha juga dalam melakukan pemasaran tidak sematamata untuk kepentingan sendiri melainkan juga untuk kepentingan bersama yaitu kepentingan konsumen dan juga kepentingan keluarga pengusaha. Terdapat pelaku usaha yang adil dalam berbisnis dimana dalam berbisnis, sikap adil akan mendekatkan pelakunya pada nilai ketaqwaan.