PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 BENGKULU SELATAN
Main Author: | Septi Dian Susanti, Reza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3629/1/REZA%20SEPTI%20DIAN%20SUSANTI.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3629/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi awal Di SDN 14 Bengkulu Selatan kelas IV, terungkap bahwa guru IPA dalam menyampaikan materi, masih monoton. Guru cenderung belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan yang dia miliki. Dari hasil evaluasi hasil belajar siswa, ternyata dari sebanyak 49 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Bengkulu Selatan, ternyata terdapat 32 orang siswa atau 71% siswa masih mendapatkan nilai pembelajaran IPA-nya masih dibawah standar ketuntasan minimal (KKM) yakni sebesar 70. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang pengaruh model pembelajaran team assisted individualization (TAI) dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 14 Bengkulu Selatan. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu seberapa besar signifikansi pengaruh penerapan model pembelajaran team assited individualization (TAI) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 14 Bengkulu Selatan? Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode exsperimen. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis kuantatif dengan rumus uji t (related varian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya signifikansi pengaruh penerapan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 14 Bengkulu Selatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan Uji t dimanathitung = 2,921 > ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan db = 47 yaitu 2,021, yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu ada pengaruh model pembelajaran team assisted individualization (TAI) dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 14 Bengkulu Selatan. Dengan demikian, hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan Ho di tolak