“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 151 SELUMA”
Main Author: | Arsitianda, Meka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3622/1/MEKA%20ARISTIANDA.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3622/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan masih rendahnya hasil KKM siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 151 Seluma, hal ini di duga guru kurang bervariasi dalam penerapan model pembelajaran. Atas dasar ini, penelitian di fokuskan dalam membahas tentang pembelajaran IPA menggunakan model snowball throwing. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV di SDN 151 Seluma, Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, panduan observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian adalah bahwa penerapan model pembelalaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada pembelajaran IPA. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 151 Seluma sudah meningkat hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dari peningkatan pada tiap-tiap siklus, rata-rata nilai hasil siswa pada pra-siklus sebesar 57,2. Pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai-nilai rata-rata sebesar 70.Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 80. Ketuntasan pra-siklus, siklus I, siklus II mengalami peningkatan secara berturut-turut yaitu mulai dari 50% meningkat menjadi 70% dan terus meningkat menjadi 88,8% serta pada hasil observasi guru maupun siswa telah terlaksana dengan baik.