PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS OUTING CLASS DALAM PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI 33 KAUR

Main Author: Anggriani, Pingsi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3594/1/PINGSI%20ANGGRIANI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3594/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara pembelajaran kontekstual berbasis outing class dalam pemahaman kosa kata Bahasa Indonesia pada siswa Kelas II di SD Negeri 33 Kaur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, yaitu suatu proses penelitian yang menghasilkan data berupa angka-angka yang diperoleh langsung dari lapangan atau wilayah penelitian. Sampel dalam penelitian yaitu Kelas II.A sebagai kelas eksperimen, dan Kelas II.B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya yaituobservasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data soal tes dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik korelasi product moment.Sedangkan teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji komparatif (uji t). Hasil dari penelitian ini yaitu: bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pembelajaran pemahaman kosa kata Bahasa Indonesia Kelas II di SD Negeri 33 Kaur antara penerapan pembelajaran kontekstual berbasis outing class dengan penerapan pembelajaran konvensional (ceramah), yaitu thitung > ttabel (3,47> 2,00) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapatpengaruh pembelajaran kontekstual berbasis outing class dalam pemahaman kosa kata Bahasa Indonesia pada siswa Kelas II di SD Negeri 33 Kaur.