PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOCK DIENES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI NAPAL MELINTANG KECAMATAN SELANGIT KABUPATEN MUSI RAWAS

Main Author: Marlina, Marlina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3539/1/MARLINA.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3539/
Daftar Isi:
  • Media pembelajaran merupakan faktor yang dominan. Penyebabnya adalah siswa kurang termotivasi saat belajar jika tidak menggunakan media yang menarik, dan kurangnya pemahaman terhadap konsep matematika karena tidak menggunakan media yang tepat. Sehingga hasil pembelajaran menjadi tidak maksimal. Untuk mengatasi dari alur permasalahan di atas ada beberapa rekomendasi alternatif tindakan yang dianggap efektif agar siswa mampu melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka. Alternatif pertama membelajarkan siswa menggunakan alat peraga blok dienes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan media Block Dienes terhadap hasil belajar matematika pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri Napal Melintang Kecamatan Selangit Kabupaten Musi Rawas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi eksperiment. Untuk menjawab hipotesis penelitian digunakan rumus Regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Block Dienes terhadap hasil belajar matematika pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri Napal Melintang Kecamatan Selangit Kabupaten Musi Rawas. Hal itu dapat dilihat dari nilai sig uji t yaitu nilai sig 0,021 < 0,05 yang artinya