PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN NASABAH TABUNGAN WADIAH PASAR PADA PT. BPRS SAFIR KOTA BENGKULU
Main Author: | Arifin, Ihwan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3471/1/ihwan.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3471/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk ,kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan nasabah tabungan wadi’ah pasar pada PT. BPRS Safir Kota Bengkulu baik secara simultan maupun secara parsial dan seberapa besar pengaruhnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan Kuantitatif Asosiatif. Populasi pada penelitian ini yaitu 700 adalah nasabah, pemilihan sampel menggunakan teknik accidental sampling sehingga jumlah sampelnya adalah 88 nasabah.Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji validitas data ialah Pearson Corelation sedangkan uji reabilitas menggunakan metode Cronbach Alpha uji normalitas dalam penelitian ini menggunakan metode Skewness, uji homogenitas menggunakan metode Levense test, uji linieritas menggunakan teknik Test for Linearity, uji multikolinearitas menggunakan nilai Tolerance dan Variance Inflation Faktor, dan uji hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan uji F menunjukkan bahwa kualitas produk ,kualitas pelayanan dan fasilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap terhadap kepuasan nasabah tabungan wadi’ah pasar dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < α (0,05). Berdasarkan uji t atau parsial pengaruhnya berbeda, kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikan 0,072 > α (0,05), kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikan 0,000 < α (0,05) sedangkan fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikan 0,958 > α (0,05).Variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan fasilitas mempengaruhi kepuasan nasabah sebesar 66,5% dengan nilai R Square (R2) adalah 0,665 dan sisanya sebesar 33,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini seperti harga, promosi, lokasi dan suasana