PENGARUH KEADILAN ORGANISASI DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BENGKULU

Main Author: Fathanah, Fathanah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3454/1/FATHANAH.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3454/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keadilan dalam pemulihan pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri kantor cabang Bengkulu, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keadilan dalam pemulihan pelayanan terhadap nya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada responden. Jenis data yang digunakan yaitu data primer. Instrument yang digunakan adalah kuesioner tertutup dengan skala likert. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang nasabah dengan teknik pengumpulan data sampling jenuh. Teknik analisis data dalam uji validitas menggunakan corrected item-total correlation, uji reliabilitas menggunakan Croanbach Alpha, uji normalitas menggunkan uji kolmogrov-smirnov, dan uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian disimpulkan bahwa secara persial keadilan procedural berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai sig 0,001 < 0,05, keadilan interaksiona secara persial berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai sig 0,012 < 0,05, dan keadilan distributif secara persial berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Secara bersama-sama (simultan) keadilan procedural, keadilan interaksional dan keadilan distributif berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai sig 0,000 < 0,05.