STRATEGI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM KURIKULUM 2013 DI MADRASAH TSNAWIYAH NEGERI 1 KOTA BENGKULU
Main Author: | Irmawati, Irmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3431/1/IRMAWATI%20pdf.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3431/ |
Daftar Isi:
- Irmawati NIM. 1416513109 judul skripsi “Strategi Pengembangan Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Kurikulum 2013 di MTs Negeri 1 Kota Bengkulu”. Skripsi program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu.Rumusan masalah dalam penelitian ini pertama, bagaimana strategi pengembangan pembelajaran Akidah Akhlak dalam kurikulum 2013 di MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Kedua, apa faktor pendukung dan penghambat pengembangan Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Kurikulum 2013 di MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini yaitu pertama mendeskripsikan strategi pengembangan pembelajaran Akidah Akhlak dalam kurikulum 2013 di MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Kedua, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan pembelajaran Akidah Akhlak dalam kurikulum 2013 di MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Hasil penelitian disimpulkan pertama, strategi pengembangan pembelajaran Akidah Akhlak dalam kurikulum 2013 di MTs Negeri 1 Kota Bengkulu diantaranya yaitu 1) pengembangan standar kompetensi dan kompetensi 2) Pengembangan materi pokok yang disesuaikan dengan kurikulum 2013, 3) Bahan ajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak 4) Pengembangan penentuan sumber belajar dan jenis penilaian disesuaikan dengan materi pelajaran yang disampaikan. Kedua, faktor pendukung pengembangan kurikulum 2013 mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 1 Kota Bengkulu yaitu telah mempunyai pedoman yang ditentukan oleh BSNP, sehingga guru hanya melaksanakannya saja. Sedangkan faktor penghambatnya tidak terlepas dari alat pembelajaran yang dimiliki dan kadang ketidaksesuaian dengan kemampuan siswa