PENGARUH PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA BMT AL-MUAWANAH IAIN BENGKULU
Main Author: | Marsheres, Ance |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3394/1/ANCE%20MARSHERES.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3394/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan promosi serta seberapa besar pengaruhnya terhadap peningkatan jumlah nasabah pada BMT Al-Muawanah IAIN Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data primer berupa penyebaran kuesioner kepada 93 responden. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus Slovin. Dari hasil penelitian secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan (X1) dan promosi (X2) terhadap peningkatan jumlah nasabah (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan secara parsial pelayanan (X1) berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,003 < (α) 0,05, maka Ha diterima. Dan promosi (X2) berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,009 < (α) 0,05, maka Ha diterima. Diperoleh nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,176. Hal ini mengindikasikan bahwa kontribusi variabel pelayanan (X1) dan promosi (X2) terhadap variabel peningkatan jumlah nasabah (Y) adalah sebesar 17,6%.