PENGARUH PELAKSANAAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 24 KOTA BENGKULU
Main Author: | Taqwim Arief, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3324/1/MUHAMMAD%20TAQWIM%20ARIEF.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3324/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan metode pemberian tugas terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif (ex-post facto). Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Bengkulu yang berjumlah 120 orang dan peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling yang dilakukan secara acak yang menghasilkan 40 sampel. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana, uji-t dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan metode pemberian tugas dalam pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 24 Kota Bengkulu dilihat pada = 5% atau Confidence Interval sebesar 95%, dengan persamaan regresi linear sederhana ̂ yang artinya setiap kenaikan satu variabel X maka nilai variabel Y akan naik sebesar 0,48 tindakan, dimana pelaksanaan metode pemberian tugas mempengaruhi prestasi belajar PAI siswa sebesar 30,25% dilihat dari perhitungan koefisien deteminasi, sedangkan 69,75% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.