PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DAN CERAMAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Main Author: Dewi Lestari, Mutiara
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3304/1/MUTIARA%20DEWI%20LESTARI.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3304/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses adanya pembelajaran Akidah Akhlak yang belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang signifikan. Atas dasar ini maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan model pembelajaran VCT dan metode ceramah dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran VCT dan ceramah dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan kuantitatif eksperimen semu (quasi experiment design) dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Value Clarification Teknique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung = 14,73 sedangkan t tabel = 1,310 (t hitung > t tabel). Dengan demikian Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Value Clarification Teknique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu dapat diterima dan yang menyatakan tidak terdapat pengaruh metode ceramah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu ditolak.