FAKTOR EMOSIONAL DAN RASIONAL NASABAH DALAM MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN (Studi Pada PT. BRI Syariah Cabang Bengkulu)

Main Author: Satria Putra, Martin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3303/1/MARTIN%20SATRIA%20PUTRA.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3303/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui1) Faktor emosional nasabah dalam mempengaruhi penggunaan jasa perbankan PT. BRI Syariah Cabang Bengkulu. 2) Faktor rasional nasabah dalam mempengaruhi penggunaan jasa perbankan PT. BRI Syariah Cabang Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.Pada penelitian ini, informan penelitian adalah nasabah PT. BRI Syariah Cabang Bengkulu berjumlah 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa faktor emosional nasabah dalam mempengaruhi penggunaan jasa perbankan PT. BRI Syariah Cabang Bengkulu adalah nasabah menggunakan produk di BRI Syariah bukan berdasarkan pemikiran yang logis tetapi pemikiran yang lebih cenderung ke emosional misalnya nasabah menggunakan jasa produk BRI syariah karena BRI Syariah menrupakan bank syariah yang bernuansa Islami dan sesuai dengan pemikiran nasabah. Faktor rasional nasabah dalam mempengaruhi penggunaan jasa perbankan PT. BRI Syariah Cabang Bengkulu berdasarkan pemikiran dan pengetahuan nasabah yaitu pelayanan yang diberikan oleh bank, mempertimbangkan keuntungan, bagi hasil, bonus yang didapatkan, kemudahan fasilitas yang didapatkan, jika mengajukan kredit sangat mempertimbangkan bunga atau margin.