PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEMANFAATKAN BARANG BEKAS UNTUK MENINGKATKAN FISIK MOTORIK DAN BAHASA ANAK DI TK SEKOTA LAHAT (Study TK IT DarunNadw ah Kota Lahat)
Main Author: | OKTARIANI, OKTARIANI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3247/1/OKTARIANI.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3247/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk dapat meningkatkan Aktif dan Kreatif Siswa dan Guru di TK IT Darun Nadwah dan hingga membentuk peserta yang telaten dan model pembelajaran yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar di area bermain sambil belajar anak, yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun hasil penelitian ini adalah tingkat fisik motorik dan bahasa pada kegiatan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan memanfaat kan barang bekas di TK IT Darun Nadwah Kota Lahat. Pada kegiatan ini melibatkan seluruh anak TK B di TK IT Darun Nadwah Kota Lahat masih belum berkembang. Hasil penelitian peningkatan fisik motorik dan Bahasa Anak dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada pre test nilai yang diperoleh rata-rata 5,54 dengan ketuntasan belajar klasikal 75% dengan criteria mulai berkembang. Pada post test lebih meningkat dengan nilai rata-rata 9,58 dengan ketuntasan belajar klasikal 65% dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Talking Stick dengan memanfaatkan barang bekas dapat meningkatkan fisik motori dan Bahasa anak TK dikota Lahat.