PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMP NEGERI 13 BENGKULU TENGAH

Main Author: Octavia, Micke
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3242/1/MICKE%20OKTAVIA.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3242/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah unutuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan Media Audio Visual (X) terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Y1), apakah terdapat pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa (Y2) dan apakah terdapat pengaruh Media Audio Visual terhadap keaktifan (Y1) dan Hasil Belajar Siswa (Y2). Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperiment. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tekni kuesioner (angket), teknik tes dan teknik dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa pada kelas eksperiment yang menggunakan media audio visual dan 30 siswa pada kelas kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Sederhana dan Uji Paired t-Test. Penelitian menimpulkan bahwa : Hasil pengujian uji “t” pada hipotesis I sebesar 7.635 ini berarti t hitung > t table (7.635 > 1.699) dan signifikan (0.000 < 0.05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Media Audio Visual (X) terhadak Keaktifan Belajar (Y1), hipotesis II pengujian uji “t” 10.733 > 1.699) dan signifikan si (0.000 < 0.05) maka terdapat pengaruh Media Audio Visual (X) terhadah Hasil Belajar (Y), dan hipotesis III hasil uji paired t-Test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Media Audio Visual terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar siswa PAI SMP Negeri 13 Bengkulu Tengah.