PENGARUH KEGIATAN IMTAQ TERHADAP DISIPLIN SISWA DI SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU
Main Author: | HidYt, Eci |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3156/1/REVISI%20SKRIPSI%20ECI%20HIDAYAT.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/3156/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kedisiplinan siswa untuk mentaati peraturan yang ada di sekolah, diantaranya terlambat datang ke sekolah, tidak masuk ketika bel sudah berbunyi mengobrol atau berbicara saat kegiatan baca Qur’an atau qira’ah dan pengarahan dari pembina imtaq dan wali kelas. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh kegiatan IMTAQ terhadap disiplin siswa di SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian yaitu siswa SMP negeri 16 Kota Bengkulu yang berjumlah 600 siswa. Sampel penelitian yaitu 20% dari jumlah populasi yaitu 120 siswa Teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan IMTAQ terhadap disiplin siswa di SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat hasil analisis regresi sederhana diperoleh hasil perhitungan bahwa β=0,478 yang berarti setiap kali variabel kegiatan IMTAQ bertambah satu, maka variabel rata-rata disiplin siswa bertambah sebesar 0,478, sedangkan nilai r yang diperoleh yaitu sebesar 0.747 terletak diantara 0.600-0.799 merupakan pengaruh yang tinggi antara variabel kegiatan IMTAQ (X) terhadap disiplin siswa (Y), sedangkan R squer sebesar 0.559, hal ini menjelaskan bahwa pengaruh kegiatan IMTAQ (X) terhadap disiplin siswa (Y) di SMP Negeri 16 Kota Bengkulu sebesar 55,90%.