PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN EFEKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD IT IQRO 1 KOTA BENGKULU

Main Author: Aslamia, Shoibatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3136/1/SKRIPSI%20SHOIBATUL%20ASLAMIA.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3136/
ctrlnum 3136
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainbengkulu.ac.id/3136/</relation><title>PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN EFEKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD IT IQRO 1 KOTA BENGKULU</title><creator>Aslamia, Shoibatul</creator><subject>BF Psychology</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh realitanya masih ada siswa yang tidak memperhatikan materi pembelajaran, masih ditemukan siswa yang ribut di kelas, bahkan ketika guru untuk memerintahkan untuk kerja kelompok masih ada Siswa yang malas mengikuti pelajaran. Disinilah diperlukan komunikasi interpersonal seorang guru untuk mendidik siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Efektivitas Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di SD IT IQRO 1 Kota Bengkulu? berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Efektivitas Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V di SD IT IQRO 1 Kota Bengkulu. &#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diteliti sebanyak 40 siswa di SD IT IQRO Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari uji validitas, uji reliabiltas, uji hipotesis, dan uji linieritas, setelah itu data diolah menggunakan uji-t dan uji koefisien determinasi.&#xD; &#xD; Terbukti hasil penelitian ini mengungkapkan adanya pengaruh signifikan komunikasi interpersonal guru terhadap efektifitas belajar Siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD IT IQRO Kota Bengkulu. Hal ini terdapat hasil analisis statistic pada &#x3B1; = 5% atau Confidence Interval sebesar 95%, dengan persamaan regresi linear sederhana( Y) &#x302; =24,29+0,26 X yang artinya setiap kenaikan satu variabel X maka nilai variabel Y akan naik sebesar 0,26 tindakan, dimana pengaruh komunikasi interpersonal mempengaruhi efektivitas belajar PAI siswa sebesar 12,32% dilihat dari perhitungan koefisien deteminasi, sedangkan 87,68% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.</description><date>2018-01-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainbengkulu.ac.id/3136/1/SKRIPSI%20SHOIBATUL%20ASLAMIA.pdf</identifier><identifier> Aslamia, Shoibatul (2018) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN EFEKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD IT IQRO 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN BENGKULU. </identifier><recordID>3136</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author Aslamia, Shoibatul
title PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN EFEKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD IT IQRO 1 KOTA BENGKULU
publishDate 2018
topic BF Psychology
url http://repository.iainbengkulu.ac.id/3136/1/SKRIPSI%20SHOIBATUL%20ASLAMIA.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/3136/
contents Penelitian ini dilatar belakangi oleh realitanya masih ada siswa yang tidak memperhatikan materi pembelajaran, masih ditemukan siswa yang ribut di kelas, bahkan ketika guru untuk memerintahkan untuk kerja kelompok masih ada Siswa yang malas mengikuti pelajaran. Disinilah diperlukan komunikasi interpersonal seorang guru untuk mendidik siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Efektivitas Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di SD IT IQRO 1 Kota Bengkulu? berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Efektivitas Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V di SD IT IQRO 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diteliti sebanyak 40 siswa di SD IT IQRO Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari uji validitas, uji reliabiltas, uji hipotesis, dan uji linieritas, setelah itu data diolah menggunakan uji-t dan uji koefisien determinasi. Terbukti hasil penelitian ini mengungkapkan adanya pengaruh signifikan komunikasi interpersonal guru terhadap efektifitas belajar Siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD IT IQRO Kota Bengkulu. Hal ini terdapat hasil analisis statistic pada α = 5% atau Confidence Interval sebesar 95%, dengan persamaan regresi linear sederhana( Y) ̂ =24,29+0,26 X yang artinya setiap kenaikan satu variabel X maka nilai variabel Y akan naik sebesar 0,26 tindakan, dimana pengaruh komunikasi interpersonal mempengaruhi efektivitas belajar PAI siswa sebesar 12,32% dilihat dari perhitungan koefisien deteminasi, sedangkan 87,68% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
id IOS5532.3136
institution IAIN Bengkulu
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 1906
institution_type library:university
library
library Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu
library_id 1554
collection Repository IAIN Bengkulu
repository_id 5532
subject_area Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
bisnis administrasi
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5532
first_indexed 2019-05-08T17:25:32Z
last_indexed 2019-08-21T05:24:25Z
recordtype dc
_version_ 1686360356288462848
score 17.538404