PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN TENTANG PRINSIP- PRINSIP SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA KOPERASI AMF SYARIAH KOTA BENGKULU

Main Author: menita, herza ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/2893/1/Herza%20Ayu%20Menita.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/2893/
Daftar Isi:
  • Skripsi dengan judul “ Pengaruh Pengetahuan Konsumen Tentang Prinsip-Prinsip Syari’ah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Pembiayaan Murabahah Koperasi AMF Syari’ah Kota Bengkulu. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan konsumen tentang prinsip-prinsip syari’ah terhadap keputusan menjadi nasabah pembiayaan murabahah dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan konsumen tentang prinsip-prinsip syariah terhadap keputusan menjadi nasabah pembiayaan murabahah pada Koperasi AMF Syariah Kota Bengkulu. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada responden dengan jumlah 92 orang nasabah yang menggunakan produk pembiayaan murabahah. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sedangkan untuk jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data seperti uji validitas data, uji reliabilitas data, uji normalitas data, uji homogenitas data, uji t dan uji regresi linear sederhana. Uji t yang digunakan untuk melihat apakah hippotesis diterima atau ditolak dan koefisien determinasi untuk melihat berapa persen (X) berpengaruh terhadap (Y). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa variabel pengetahuan konsumen tentang prinsip-prinsip syari’ah berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Pernyataan tersebut dilihat dari hasil uji t dengan nilai sig sebesar 0.03 yang lebih kecil daripada alpha 0.05. Kemudian variabel pengetahuan konsumen tentang prinsip-prinsip syari’ah untuk mempengaruhi kemampuan variabel keputusan menjadi nasabah adalah 0.051 atau 5.1 %.