PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III DI SD NEGERI 04 SEBERANG MUSI KECAMATAN SEBERANG MUSI KABUPATEN KEPAHIANG

Main Author: Juliapitri, Yeli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainbengkulu.ac.id/2659/1/YELI%20EDIT%20DEWEK.pdf
http://repository.iainbengkulu.ac.id/2659/
Daftar Isi:
  • Yeli Juliapitri. NIM : 1416242720. Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III di SD Negeri 04 Seberang Musi Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Riswanto, Ph.D, 2. Fatrica Syafri, M.Pd.I. Kata kunci : Model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction Hasil Belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas III di SD Negeri 04 Seberang Musi Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian korelasi hubungan kausal. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi terstruktur, tes dan dokumentasi. Uji validitas data yaitu dengan menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas data dengan teknik Alfa Cronbach. Teknik analisis yang digunakan dengan menggunakan rumus Separated Varians. Hasil dari penelitian ini yaitu: bahwa dari hasil post test yang telah diperoleh Kelas III.C sebagai kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 75,72 dan Kelas III.B sebagai kelas kontrol dengan nilai rata-rata yaitu 72,48 dapat dibuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa Kelas III di SD Negeri 04 Seberang Musi, antara penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dengan penerapan model pembelajaran konvensional yakni metode ceramah, yaitu bahwa thitung > ttabel (3,40 > 2,00) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Angka tersebut menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) nilai hasil belajar mata pelajaran IPS-nya lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional yakni metode ceramah. Dengan demikian dapat peneliti buat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas III di SD Negeri 04 Seberang Musi Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang.