PENGARUH METODE BUZZ GROUP DENGAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS V DI SD NEGERI 13 BABATAN SELUMA
Main Author: | JELITA, NUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/2652/1/BAB%20I%20edit%20Baru.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/2652/ |
Daftar Isi:
- Nur Jelita, NIM. 1416242646, Judul Skripsi: PENGARUH METODE BUZZ GROUP DENGAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V DI SD NEGERI 13 BABATAN SELUMA, Pembimbing I: Dr. H. Hery Noer Aly, M.A, Pembimbing II: Wiwinda, M.Ag Kata kunci : metode buzz group, media kartu soal, hasil belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Pengaruh Metode Buzz Group Dengan Media Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Di SD Negeri13 Babatan Seluma. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen design. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa, yakni terdiri dari kelas V A 20 siswa kelas eksperimen dan kelas V B 20 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes dan skala penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil tes oleh peneliti dengan pengisian lembar tes maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode buzz group dengan media kartu soal berpengauh terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa. Setelah kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, yang mana kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan metode buzz group dengan media kartu soal dan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Adapun hasil penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar dimana dari hasil uji “t” post test kedua kelompok,di peroleh thitung = 3,82 sedangkan ttabe. Dengan df 40 pada taraf singnifikan 5% yaitu 2,02. Dengan demikian, thitung > t tabel (3,82 > 2,02 ) yang berarti hipotesis (Ha) diterima, Terdapat pengaruh metode buzz group dengan media kartu soal terhadapp hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD Negeri 13 Babatan Seluma.