PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 32 SELUMA
Main Author: | PUSPA, YAYUK |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainbengkulu.ac.id/2648/1/SKRIPSI%20YAYUK.pdf http://repository.iainbengkulu.ac.id/2648/ |
Daftar Isi:
- Yayuk Puspa, Nim. 1416242819, 2018, judul skripsi : penggunaan model pembelajaran word square dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 32 Seluma. Skripsi : Progam Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu Pembimbing : 1. Drs. H. Suparnis, M. Pd 2. Dr. Ahmad Suradi, M. Ag Kata kunci : Penggunaan Model Word Square, Motivasi Belajar, Belajar IPS Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang masih rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 32 Seluma. Hal ini diduga karena guru mata pelajaran IPS belum menggunakan model pembelajaran yang tepat pada saat proses pembelajaran berlangsung. Atas pertimbangan, peneliti terdorong untuk menelitinya dengan rumusan masalah : bagaimana penerapan model pembelajaran word Square pada pembelajaran IPS ? dan apakah penerapan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan motivasi belajar siswa ?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran word square pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana yang diteliti adalah siswa kelas V yang berjumlah 23 orang siswa, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan observasi, dokumentasi dan angket sedangkan analisis data yang digunakan aktivitas guru mengajar, aktivitas belajar siswa dan angket motivasi belajar siswa. untuk mengetahui penerapan model pembelajaran word square dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran word squre pada pembelajara¬n IPS dengan kkm 70 di kelas V SD Negeri 32 Seluma Kecamatan Semidang Alas sangat efektif diterapkan dalam proses pembelajaran, dimana dengan model ini siswa lebih terlibat aktif, dan mengalami sendiri proses pembelajaran tersebut dan penggunaan model pembelajaran word square dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Nergeri 32 Seluma. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan bahwa tingkat motivasi belajar siswa pada siklus I dengan skor rata-rata 3,4 dengan kategori sedang, dan meningkat pada siklus II menjadi 4,4 dengan kategori baik. Dengan demikian terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran word square dalam peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS menaglami peningkatan.