Strategi Peningkatan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi
Main Author: | Supriyati, Endang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Muria Kudus
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/104 http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/104/101 |
ctrlnum |
article-104 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">Strategi Peningkatan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi</title><creator>Supriyati, Endang</creator><description lang="id-ID">Abstrak Metode pembelajaran berpusat pada siswa (Student-Centered Learning) memberikan ruang gerak lebih bagi mahasiswa untuk dapat berpartisipasi aktif dalam aktivitas perkuliahan di Perguruan Tinggi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Untuk mendukung penerapan Student-Centered Learning ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT) dalam berbagai macam strategi pembelajaran. Pada makalah ini disajikan penelitian peningkatan pembelajaran dengan indikator Materi Via Blog/Wordpress, Grup Diskusi di facebook, Video Tutorial, Download Jurnal Online, dan Download ebook. Dengan analisys SEM (Structural equation modeling) diperoleh ada hubungan yang nyata antara Grup Diskusi di facebook (V2) dengan Peningkatan Pemahaman, demikian hubungan nyata antara Download ebook (V5) dengan Peningkatan Pemahaman (PP). Sedangkan Video Tutorial (V3) dan Download Jurnal Online(V4) tidak terlalu perpengaruh atau tidak ada hubungan nyata dengan Peningkatan Pemahaman (PP). Sedangkan hubungan variabel mencari Materi via Blog/Wordpress dengan Peningkatan Pemahaman sangat kuat dengan nilai estimasi 1. Kata kunci : Student-Centered Learning, Structural equation modeling,</description><publisher lang="id-ID">Universitas Muria Kudus</publisher><contributor lang="id-ID"/><date>2013-06-28</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/104</identifier><identifier>10.24176/simet.v2i1.104</identifier><source lang="id-ID">Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer; Vol 2, No 1 (2012): Jurnal Simetris; 72 - 77</source><source>2549-3108</source><source>2252-4983</source><source>10.24176/simet.v2i1</source><language>ind</language><relation>http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/104/101</relation><recordID>article-104</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other Other: File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Supriyati, Endang |
title |
Strategi Peningkatan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi |
publisher |
Universitas Muria Kudus |
publishDate |
2013 |
url |
http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/104 http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/104/101 |
contents |
Abstrak Metode pembelajaran berpusat pada siswa (Student-Centered Learning) memberikan ruang gerak lebih bagi mahasiswa untuk dapat berpartisipasi aktif dalam aktivitas perkuliahan di Perguruan Tinggi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Untuk mendukung penerapan Student-Centered Learning ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT) dalam berbagai macam strategi pembelajaran. Pada makalah ini disajikan penelitian peningkatan pembelajaran dengan indikator Materi Via Blog/Wordpress, Grup Diskusi di facebook, Video Tutorial, Download Jurnal Online, dan Download ebook. Dengan analisys SEM (Structural equation modeling) diperoleh ada hubungan yang nyata antara Grup Diskusi di facebook (V2) dengan Peningkatan Pemahaman, demikian hubungan nyata antara Download ebook (V5) dengan Peningkatan Pemahaman (PP). Sedangkan Video Tutorial (V3) dan Download Jurnal Online(V4) tidak terlalu perpengaruh atau tidak ada hubungan nyata dengan Peningkatan Pemahaman (PP). Sedangkan hubungan variabel mencari Materi via Blog/Wordpress dengan Peningkatan Pemahaman sangat kuat dengan nilai estimasi 1. Kata kunci : Student-Centered Learning, Structural equation modeling, |
id |
IOS552.article-104 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Jurnal Simetris |
repository_id |
552 |
subject_area |
Program Komputer dan Teknologi Informasi |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS552 |
first_indexed |
2016-09-22T19:20:14Z |
last_indexed |
2017-05-31T03:32:48Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1800776199122714624 |
score |
17.13294 |