Strategi Peningkatan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

Main Author: Supriyati, Endang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muria Kudus , 2013
Online Access: http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/104
http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/104/101
ctrlnum article-104
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">Strategi Peningkatan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi</title><creator>Supriyati, Endang</creator><description lang="id-ID">Abstrak Metode pembelajaran berpusat pada siswa (Student-Centered Learning) memberikan ruang gerak lebih bagi mahasiswa untuk dapat berpartisipasi aktif dalam aktivitas perkuliahan di Perguruan Tinggi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Untuk mendukung penerapan Student-Centered Learning ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT) dalam berbagai macam strategi pembelajaran. Pada makalah ini disajikan penelitian peningkatan pembelajaran dengan indikator Materi Via Blog/Wordpress, Grup Diskusi di facebook, Video Tutorial, Download Jurnal Online, dan Download ebook. Dengan analisys SEM (Structural equation modeling) diperoleh ada hubungan yang nyata antara Grup Diskusi di facebook (V2) dengan Peningkatan Pemahaman, demikian hubungan nyata antara Download ebook (V5) dengan Peningkatan Pemahaman (PP). Sedangkan Video Tutorial (V3) dan Download Jurnal Online(V4) tidak terlalu perpengaruh atau tidak ada hubungan nyata dengan Peningkatan Pemahaman (PP). Sedangkan hubungan variabel mencari Materi via Blog/Wordpress dengan Peningkatan Pemahaman sangat kuat dengan nilai estimasi 1. Kata kunci : Student-Centered Learning, Structural equation modeling,</description><publisher lang="id-ID">Universitas Muria Kudus</publisher><contributor lang="id-ID"/><date>2013-06-28</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/104</identifier><identifier>10.24176/simet.v2i1.104</identifier><source lang="id-ID">Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer; Vol 2, No 1 (2012): Jurnal Simetris; 72 - 77</source><source>2549-3108</source><source>2252-4983</source><source>10.24176/simet.v2i1</source><language>ind</language><relation>http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/104/101</relation><recordID>article-104</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Supriyati, Endang
title Strategi Peningkatan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi
publisher Universitas Muria Kudus
publishDate 2013
url http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/104
http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/104/101
contents Abstrak Metode pembelajaran berpusat pada siswa (Student-Centered Learning) memberikan ruang gerak lebih bagi mahasiswa untuk dapat berpartisipasi aktif dalam aktivitas perkuliahan di Perguruan Tinggi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Untuk mendukung penerapan Student-Centered Learning ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT) dalam berbagai macam strategi pembelajaran. Pada makalah ini disajikan penelitian peningkatan pembelajaran dengan indikator Materi Via Blog/Wordpress, Grup Diskusi di facebook, Video Tutorial, Download Jurnal Online, dan Download ebook. Dengan analisys SEM (Structural equation modeling) diperoleh ada hubungan yang nyata antara Grup Diskusi di facebook (V2) dengan Peningkatan Pemahaman, demikian hubungan nyata antara Download ebook (V5) dengan Peningkatan Pemahaman (PP). Sedangkan Video Tutorial (V3) dan Download Jurnal Online(V4) tidak terlalu perpengaruh atau tidak ada hubungan nyata dengan Peningkatan Pemahaman (PP). Sedangkan hubungan variabel mencari Materi via Blog/Wordpress dengan Peningkatan Pemahaman sangat kuat dengan nilai estimasi 1. Kata kunci : Student-Centered Learning, Structural equation modeling,
id IOS552.article-104
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Jurnal Simetris
repository_id 552
subject_area Program Komputer dan Teknologi Informasi
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS552
first_indexed 2016-09-22T19:20:14Z
last_indexed 2017-05-31T03:32:48Z
recordtype dc
_version_ 1800776199122714624
score 17.13294