EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 4 PALOPO

Main Authors: Febriana, Tantri; Universitas Cokroaminoto Palopo, Ilyas, Muhammad; Universitas Cokroaminoto Palopo, Basir, Fahrul; Universitas Cokroaminoto Palopo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Cokroaminoto Palopo , 2019
Online Access: http://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1449
http://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1449/1266
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik STAD. Satuan eksperimen dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 4 Palopo. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian sebelum pembelajaran dan posttest setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar siswa dan keterampilan mengajar guru, serta angket sikap dan respon siswa. Satuan eksperimen dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 4 Palopo dan yang menjadi perlakuan adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 4 Palopo tahun 2018/2019. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan mengambil secara acak dan langsung satu kelas dari seluruh kelas XI yang ada di SMK Negeri 4 Palopo. Analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial sehingga diperoleh rata-rata hasil prestasi belajar siswa lebih baik setelah diterapkan model pembelajaran STAD.