PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DITINJAU DARI TINGKAT KEBIASAAN BERPIKIR

Main Authors: Ramadhani, Shely Selina; Universitas Wiralodra, Hartin, Sri; Universitas Wiralodra, Lestari, Wiwit Damayanti; Universitas Wiralodra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Cokroaminoto Palopo , 2019
Online Access: http://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1446
http://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1446/1261
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran pair check terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa; (2) untuk mengetahui pengaruh tingkat kebiasaan berpikir matematis terhadap kemampuan berpikir matematis siswa; (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran (pair check dan langsung) dan tingkat kebiasaan berpikir matematis terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan populasi subjek adalah semua siswa kelas VII SMP Al-Islah Sudimampir tahun ajaran 2017/2018. Dua kelas sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran pair check dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil analisis data uji ANAVA dua jalan, diperolah kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran pair check yang signifikan terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa; (2) terdapat pengaruh tingkat kebiasaan berpikir matematis yang signifikan terhadap kemampuan berpikir matematis siswa; (3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (pair check dan langsung) dan tingkat kebiasaan berpikir matematis terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa. Hasil tes lebih lanjut menggunakan tes Scheffe menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran pair check pada kemampuan berpikir reflektif siswa dengan tingkat tinggi pada Kebiasaan Berpikir Matematika lebih baik daripada model pembelajaran pembelajaran langsung dengan tingkat tinggi pada Kebiasaan Berpikir Matematika. Jadi, model pembelajaran pair check dan kebiasaan berpikir matematika dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan berpikir reflektif siswa