PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Main Author: Misnawati, Misnawati; SDN 662 Salubulo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pasca Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo , 2019
Online Access: http://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1220
http://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1220/1058
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan realistik terhadap hasil belajar dan motivasi siswa. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen. Desain penelitian ini adalah One group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Kecamatan Latimojong dan sampel ditentukan dengan menggunakan random sampling. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis deskriftif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan realistik terhadap hasil belajar matematika dan motivasi. Proses pembelajaran memperlihatkan aktivitas siswa yang meningkat khususnya dalam mengerjakan soal LKS. Aktivitas guru dalam memfasilitasi proses pembelajaran juga merupakan salah satu factor untuk meningkakan motivasi dan hasil belajar siswa.