KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR

Main Authors: Safaria, Sri Anandari, Sangila, Muhammad Syarwa
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri Kendari , 2019
Online Access: http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/986
http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/986/934
http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/downloadSuppFile/986/74
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMPN 9 Kendari pada materi bangun ruang. Indikator kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang digunakan adalah kelancaran (fluency), kelenturan (flexibility), elaborasi (elaboration), dan keaslian (originality). Populasi penelitian ini adalah 35 siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Kendari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis berbentuk tes uraian. Hasil analisis dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMPN 9 Kendari pada materi bangun datar masih rendah. Dengan melihat presentase kemampuan berpikir kretaif matematis siswa kategori rendah sebesar 85,71%. Kemampuan berpikir kreatif matematik siswa pada indikator kelancaran (fluency) sebesar 2.846, indikator kelenturan (flexibility) sebesar 1.514, indikator elaborasi (elaboration) sebesar 1.729, dan yang paling rendah pada indikator keaslian (originality) sebesar 1.041Kata Kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Bangun Datar.