MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS V MI ASY-SYAF’IYAH KENDARI

Main Authors: Mu’min, St. Aisyah, Kamelia, Kamelia, Halmuniati, Halmuniati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari , 2017
Online Access: http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/624
http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/624/574
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V MI Asy-Syafi’iyah Kendari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Asy-Syafi’iyah Kendari dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 15 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017, sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknis tes, observasi, dan wawancara. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya rata-rata kelas dan presentase ketuntasan belajar mencapai 75%. Berdasarkan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas V MI Asy-Syafi’iyah Kendari. Presentase keberhasilan belajar Matematika siswa kelas V sebelum tindakan mencapai 39,28% dengan nilai rata-rata 63,57. Setelah dilakukannya tindakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, adapun presentase hasil belajar siswa siklus I yaitu 46,42% dengan nilai rata-rata 68,39. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase mencapai 78,57% dengan nilai rata-rata 76,07 bahkan melebihi indikator yang telah ditetapkan.Kata kunci: hasil belajar siswa; Team Assisted Individualization.