KINERJA BADAN AKREDITASI PROVINSI SEKOLAH/MADRASAH (BAP S/M) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Main Author: M., Zulkifli
Format: Article info Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari , 2015
Online Access: http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/417
http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/417/402
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja BAP S/M Provinsi SulawesiTenggara, dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sulawesi Tenggara.Fokus penelitian adalah bagaimanakah kinerja Badan Akreditasi PropinsiSekolah/Madrasah (BAP S/M) dalam meningkatkan mutu pendidikan diSulawesi Tenggara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancaradan dokumentasi yang diolah dengan cara kualitatif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa Kinerja BAP S/M Provinsi Sulawesi Tenggara sebagailembaga yang mengakreditasi Sekolah/Madrasah telah melaksanakanprogramnya dengan memetakan sekolah/madrasah sebagai salah satukomponen peningkatan mutu pendidikan sekolah/madrasah denganmengacu pada standar nasional pendidikan. Berdasarkan penerapan standaryang ditetapkan oleh BAN S/M, maka lembaga ini telah melakukankegiatan akreditasi sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang ditetapkanoleh BAN S/M dan telah berhasil mengakreditasi S/M sepanjang tahun2006-2014 sebanyak 5660 sekolah/madrasah, yakni 5109 sekolah atau90,3% dan 551 madrasah atau 9,7%,Kata Kunci: Kinerja BAP S/M, Mutu Pendidikan.