DINAMIKA KARAKTERISTIK PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Studi Analisis Tematik Ayat-Ayat Tentang Pendidikan)
Main Author: | Has, Muhammad Hasdin |
---|---|
Format: | Article info Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/322 http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/322/312 |
Daftar Isi:
- Tulisan ini tentang karakteristik pendidikan perspektif al-Quran dilatarbelakangi oleh berbagai teori pendidikan dan ijtihadpara ilmuan dalam mencari sistem pendidikan terbaik bagi pesertadidik dan perkembangannya juga memunculkan lembaga-lembagapendidikan berlabel agama Islam dari tingkat dasar sampaiperguruan tinggi, kemudian dalam al-Quran terdapat banyak ayattentang pendidikan baik hakikat dan unsur-unsurnya menggugahpenulis untuk melihat sejauh mana konsep pendidikan perspektif al-Qur’an.Tulisan ini adalah library research dengan mengeksplorasiberbagai ayat-ayat tentang pendidikan dalam al-Qur’an sertapetunjuk hadis yang relevan kemudian dianalisis dengan pendekatantafsir tematik sehingga berhasil memunculkan karakteristik dantujuan pendidikan dalam al-Quran.Terdapat tiga term pendidikan dalam al-Quran: tarbiyah,ta’lim dan ta’dib. Kata tarbiyah lebih mewakili pendidikan Islamperspektif al-Quran karena maknanya mencakup mendidik,mengajar, mengasuh, membimbing (Q.S al-Fatihah ayat 2).Kemudian pendidik sesungguhnya adalah Allah Swt melalui rasulrasul-Nya untuk menciptakan insan kamil dengan segala karakterterpujinya (Q.S al-Taubah ayat 128 dan al-Alaq ayat 1-5) olehkarena itu tujuan pendidikan dalam al-Quran adalah memeliharafitrah manusia menuju kesempurnaan (Q.S al-Dzariyat ayat 56).Kata Kunci: Pendidikan, al-Quran, dan