TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET
Main Author: | Mu'min, Sitti Aisyah |
---|---|
Format: | Article info Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/292 http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/292/282 |
Daftar Isi:
- Perkembangan kognitif adalah tahapan-tahapan perubahan yangterjadi dalam rentang kehidupan manusia untuk memahami,mengolah informasi, memecahkan masalah dan mengetahuisesuatu. Jean Piaget adalah salah satu tokoh yang menelititentang perkembangan kognitif dan mengemukakan tahapantahapanperkembangan koginitif. Tahapan-tahapan tersebutadalah tahap sensory motorik (0–2 tahun), pra-operasional (2–7tahun), operasional konkret (7–11 tahun) dan operasional formal(11–15 tahun). Dalam memahami dunia secara aktif, anakmenggunakan skema, asimilasi, akomodasi, organisasi danequilibrasi. Pengetahuan anak terbentuk secara berangsur sejalandengan pengalaman tentang informasi-informasi yang ditemui.Menurut Piaget, anak menjalani urutan yang sudah pasti daritahap-tahap perkembangan kognitif. Pada setiap tahap, baikkuantitas maupun kualitas kemampuan anak menunjukkanpeningkatan.Kata Kunci: Perkembangan, kognitif, sensor motorik, adaptasi,akomodasi, dan asimilasi.