IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN 7E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Main Author: Noviantari, Putu Suarniti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar , 2017
Subjects:
Online Access: http://ojs.unmas.ac.id/index.php/JSP/article/view/792
http://ojs.unmas.ac.id/index.php/JSP/article/view/792/737
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Manggis tahun ajaran 2015/2016 dan (2) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap pembelajaran matematika setelah diimplementasikan model pembelajaran 7E. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek peneliian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Manggis tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 37 orang. Data tentang kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikumpulkan melalui tes berbentuk uraian dengan rentangan skor 0-60. Data tentang tanggapan siswa dikumpulkan melalui angket. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Manggis tahun ajaran 2015/2016 mengalami peningkatan dari refleksi awal ke siklus I, dari siklus I ke siklus II, dan dari siklus II ke siklus III. Pada refleksi awal rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah 23,32 (kategori kurang baik) meningkat menjadi 33,16 (kategori cukup baik) pada siklus I, meningkat menjadi 40,11 (kategori baik) pada siklus II dan meningkat menjadi 44,03 (kategori baik) pada siklus III. Selain itu, tanggapan siswa terhadap pembelajaran matematika yang diterapkan tergolong positif.