Gender dan Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam

Main Author: Yu’timaalahuyatazaka
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Education and Teaching Science State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia , 2014
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/1170
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/1170/1066
Daftar Isi:
  • Artikel ini berisi penjelasan tentang diskursus gender dalam pengembangan pemikiran pendidikan Islam, dan dijumpai banyak problem ketidakadilan, yang diperlukan solusi untuk mengatasinya. Problem fundamental gender pada level epistemologis-metodologis untuk mengembangkan pendidikan Islam berbasis gender ini ialah direkonstruksinya aspek epistemologi pendidikan Islam. Para pendidik dan peserta didik juga perlu mengubah paradigma dan mindset pada sensitif gender. Artikel ini juga berisi penjelasan tentang metodologi pendidikan Islam berbasis gender dengan pendekatan integrasi, normatif, historis dan intuitif untuk merespon isu-isu gender dalam praktik pendidikan Islam