Peningkatan Kesadaran Pelajar dengan Edukasi Konservasi Lingkungan Hidup di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Kharisma
Main Author: | Efendi, Bahtiar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/JPMI/article/view/1509 http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/JPMI/article/view/1509/1280 |
Daftar Isi:
- This article try to testing the education of conservation living environment program to increase students’ awareness in the Kharisma vocational high school, Tanggerang. The research uses a quantitative-experiment method with the analysis of pre-test, post-test, and follow-up. The result is showing the Chi-square score 74,171 (p<0,0001), the context is identification that the education of environmental conservation program for sustainable livelihood can be increasingly of students’ awareness. It was observed with the students’ concern might influenced by awareness factors from early to treat the living environment. The participation in the conservation of environment program has implemented in the school, it is the urgency for sustainability who useful for students’ skills in the job area for the future. The student of participation can be important factors to grow an empathy of the environment. This condition of environment more awful has influenced exploitation activity conducted by factories.Tulisan ini berusaha menguji edukasi program konservasi lingkungan hidup dalam meningatkan kesadaran siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Kharisma Tanggerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-eksperimen dengan menguji pretest, posttest, dan follow up. Hasil analisis menunjukkan skor Chi-square sebesar 74,171 (p<.0001) mengindikasikan bahwa edukasi program konservasi lingkungan hidup terbukti dapat meningkatkan kesadaran siswa. Hal ini terpantau dengan kepedulian siswa dapat dipengaruhi oleh faktor kesadaran sejak dini untuk merawat lingkungan sekitar. Partisipasi dalam konservasi lingkungan yang diimplementasikan di lingkungan sekolah merupakan urgensi kelestarian yang berguna bagi siswa di dunia pekerjaan. Partisipasi siswa dalam hal tersebut menjadi faktor terpenting untuk menumbuhkan rasa empati terhadap lingkungan. Kondisi lingkungan saat ini semakin memburuk akibat kegiatan eksploitasi yang dilakukan oleh banyak perusahaan.