MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN: SUATU UPAYA MEMAJUKAN TRADISI

Main Author: Nurmadiansyah, M. Thoriq
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: UIN Sunan Kalijaga , 2016
Online Access: http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/JMD/article/view/998
http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/JMD/article/view/998/918
Daftar Isi:
  • Pesantren merupakan institusi pendidikan keagamaan tertua di Indonesia.Keberadaannya menjadi bagian penting dari dinamika sejarah dan perkembanganperadaban bangsa. Sebagian ahli mengenal kebanyakan pesantren nusantaradengan model sistem pendidikan berbasis tradisi. Di satu sisi, arus ini menjadisemacam prinsip dan ideologi yang seyogyanya dipertahankan orisinalitasnya.Namun di sisi yang lain, progresifitas dalam berbagai lini menjadi keniscayaan dalam rangka pemenuhan hajat kemanusiaan yang semakin dan terus berkembangdan juga sebagai wujud kesiapan warga pesantren untuk bersaing denganmasyarakat global. Oleh karena alasan kedua, maka pesantren membutuhkanmanajemen pendidikan yang terbarukan disesuaikan dengan kebutuhan zamandan utamanya menjadi jembatan akan pencapaian visi al-muhafadzah ‘ala alqadimal-shalih wal-akhdzu bi al-jadid al-ashlah. Artikel ini mendiskusikanberbagai hal yang memungkinkan bagi pesantren untuk selain menjadi poros utamadalam pembentukan karakter bangsa juga memberikan kontribusi positif untukmenjawab tantangan perkembangan dan kemajuan zaman. Manajemen tersebutmeliputi optimalisasi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta sistempelaksanaan sistem pendidikan pesantren.Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Pesantren, Tradisi