Pengembangan Fisik Motorik Melalui Gerak Tari di Kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Main Authors: | Al Hakim, Roby Maulana, Rahmah, Lailatu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/2355 http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/2355/1596 |
Daftar Isi:
- Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik anak adalah kegiatan gerak tari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah kegiatan gerak tari dapat mengembangkan fisik motorik pada kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan fisik motorik anak dalam kegiatan gerak tari.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan tentang keadaan di tempat penelitian dengan menggunakan rangkaian kata-kata dan kalimat, dengan subyek penelitian kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan wawancrara. Analisis data secara reduksi data, display data dan verivikasi/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam perkembangan fisik motorik melalui gerak tari di kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat mengembangkan fisik motorik anak, hal tersebut terbukti dari upaya guru dalam mengasah fisikmotorik anak, memberikan contoh, membimbing, mengarahkan anak serta cara guru memberikan kata-kata motivasi yang membangun. Faktor pendukung dalam pengembangan fisik motorik yaitu sarana dan prasarana, guru memberi contoh, musik, peran orang tua, sedangkan faktor penghambat dalam pengembangan fisik motorik anak yaitu kondisi anak yang tidak sehat atau tidak baik, dan berbarengan dengan kegiatan lainnya.