Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan Metode Demonstrasi

Main Authors: Ana Sari, Irma Oktaviani, 'Aziz, Hafidh
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/2349
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/2349/1590
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perkembangan motorik halus anak dalam hal mewarnai, menggunting, dan menempel (3M) di TK Pertiwi 39 Trimulyo, mengetahui pelaksanaan perkembangan motorik halus anak dengan kegiatan mewarnai, menggunting, dan menempel (3M) dengan metode demonstrasi di TK Pertiwi 39 Trimulyo, dan mengetahui seberapa besar perkembangan motorik halus anak setelah diterapkan kegiatan mewarnai, menggunting, dan menempel (3M) dengan metode demonstrasi di TK Pertiwi 39 Trimulyo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan motorik halus pra tindakan kategori berkembang sesuai harapan 7,7%. (2) penerapan metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak, hal ini dapat dilihat dari kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. (3) setelah diterapkan metode demonstrasi pada siklus I mencapai 50,00% dengan kategori berkembang sangat baik. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan persentase 85,70% kategori berkembang sangat baik.