Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja di Panti Asuhan

Main Author: Merina, Rachma Shinta; Universitas Muhammadiyah Malang
Other Authors: Universitas Muhammadiyah Malang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Malang , 2015
Online Access: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jspp/article/view/2154
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jspp/article/view/2154/2303
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dalam meningkatkan konsep diri remaja di Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Muhammadiyah Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimental dengan rancangan non equivalent pretest posttest control group design. Subjek penelitian ini melibatkan 10 orang yang terdiri dari 5 orang sebagai kelompok eksperimen dan 5 orang sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan skala konsep diri. Analisis data menggunakan Mann-Whitney dan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil analisis data dari Wilcoxon pada kelompok eksperimen pretest-posttest menunjukkan adanya peningkatan konsep diri yang signifikan dengan nilai z -2,032 dan p value sebesar 0,042. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konseling kelompok dapat meningkatkan konsep diri remaja di Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Muhammadiyah Malang. Kata kunci Konsep diri, konseling kelompok, remaja