Penerapan token ekonomi untuk meningkatkan atensi dalam mengerjakan tugas pada anak ADHD

Main Author: Rahma Mulyani, Rila
Other Authors: University Of Muhammadiyah Malang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Malang , 2013
Online Access: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jspp/article/view/1343
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jspp/article/view/1343/1438
Daftar Isi:
  • Anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) yang mengikuti pendidikan formal, banyak mengalami kesulitan pada anak terutama terkait dengan kesulitan untuk memusatkan perhatian pada tugas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan atensi anak ADHD dalam mengerjakan tugas dengan menggunakan teknik token ekonomi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua anak yang mengalami ADHD. Penelitian ini merupakan penelitian ekpserimen dengan menggunakan desain subyek tunggal (single-subject experimental design). Intervensi yang diberikan kepada subyek berupa teknik token ekonomi (penguatan positif) sebanyak 16 kali, data tentang kesulitan atensi anak ketika mengerjakan tugas diperoleh melalui observasi dan wawancara hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan atensi anak setelah memperoleh intervensi. Hal ini berarti bahwa penerapan teknik token ekonomi dapat meningkatkan atensi dalam mengerjakan tugas pada anak ADHD, yaitu anak dapat memberi perhatian pada tugas yang diberikan.Kata kunci: Token ekonomy, atensi terhadap tugas, ADHD, anak