Simulasi Tegangan Pada Chasis Kendaraan Listrik Crossover
Main Authors: | Shantika, Tito, Kristyadi, Tarsisius, Hendra, |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Teknik Mesin universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.itenas.ac.id/633/1/5.%202020_02_01%20Journal%20Kajian%20Teknik%20Mesin%20UTA45_Karya%20Ilmiah%20dan%20Penilaian_Tito.pdf http://eprints.itenas.ac.id/633/ http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jktm/index |
Daftar Isi:
- Pengembangan Chasis kendaraan listrik merupakan salah satu langkah dalam proses desain suatu kendaraan khususnya untuk kendaraan crossover yang sedang dirancang bangun. Desain Chasis kendaraan harus mempunyai chasis yang kokoh dan dapat menopang semua beban yang terjadi pada chasis tersebut, seperti beban penumpang, motor listrik dan sebagainya. Pada proses desain chasis diperlukan analisis tegangan untuk memferikasi kekuatan chasis apabila diberikan beban-beban yang diterjadi pada chasis tersebut. Analisis tegangan dimulai dengan pembuatan model awal chasis yang telah ada dengan mengunakan perangkat lunak CAD kemudian dilakukan analisis tegangan mengunakan perangkat lunak FEA solidworks. Analisis tegangan meliputi untuk beban-beban statis dan beban pada saat terjadi tabrakan. Hasil analisis pada kondisi beban statis didapatkan tegangan maksimum yang terjadi sebesar 206 MPa, factor of safety=1.69, serta defleksi sebesar 0.4 mm dimana bagian chasis defleksi akibat bending kurang dari 2 mm.