STRATEGI PEMASARAN JASA DAN PERTUMBUHAN VARIASI USAHA BARU DI WILAYAH PARIWISATA “PUSUK PASS” LOMBOK UTARA
Main Authors: | Suryawati, Baiq Nurul, Kusmayadi, Iwan, Wardani, Laila, Sarmo, Sulaeman, Ardana Putra, I Nyoman Nugraha |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9972/1/Artikel%20Pengabdian%20Pusuk%20Pass-PNBP%20DIPA-Baiq%20Nurul%20dkk.pdf http://eprints.unram.ac.id/9972/ |
Daftar Isi:
- Program pengabdian ini ditujukan untuk memfasilitasi warga yang tinggal di Dusun Koloh Berora, di sekitar wilayah “Pusuk Pass” agar memiliki pengetahuan dan mampu mengenali dan mengembangkan berbagai macam variasi usaha berbasis jasa. Pelatihan pengembangan strategi jasa ini dilakukan untuk dapat menggugah kesadaran mereka agar dapat mengeksplorasi berbagai peluang usaha berbasis jasa, serta tidak hanya mengandalkan hasil hutan sebagai sumber mata pencaharian. Pelaksanaan pengabdian melampaui ekspektasi dikarenakan animo masyarakat yang tinggi, hampir 97 orang warga datang menghadiri acara pertemuan yang diadakan untuk menyampaikan materi pengabdian. Bencana alam yang tiba-tiba melanda serta keluh kesah disampaikan oleh warga, sebagian warga meminta dibantu untuk diberikan tambahan keterampilan agar dapat kembali bangkit dari keadaan yang ada. Pemberian materi berkisar motivasi, pengenalan akan potensi pribadi, strategi pemasaran untuk bisnis berorientasi wisata dan keterampilan berkomunikasi. Kondisi bencana alam kendati membantu fasilitator mendatangkan banyak audiensi akan tetapi keadaan tersebut tidak mendukung efektivitas penyampaian materi, karena kesulitan mengendalikan keramaian saat pemaparan materi. Pelatihan strategi pemasaran jasa ini diharapkan kedepannya akan dapat meningkatkan motivasi penduduk sekitar wilayah “pusuk pass” untuk membuka usaha yang berbasis jasa.