PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL GAMBAR SERI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD N 11 AMPENAN KECAMATAN AMPENAN KOTA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/ 201 7
Main Author: | HUMAEDI, SEPTIAWAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9956/1/E1E%20012%20081.pdf http://eprints.unram.ac.id/9956/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS, jika dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya, yang disebabkan oleh pembelajaran yang monoton. Untuk itu dilakukan eksperimen menggunakan “media visul gambar seri”. Penelitian ini bert u ju an untuk mengetahui apakah media visual gambar seri berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre eksperimental design dengan bentuk one group pretest – posttest design. Banyak sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 11 Ampenan dengan jumlah siswa 16 orang. Dalam penelitian ini, terlebih dahulu siswa diuji dengan menggunakan tes. Tes ini disebut dengan pretest, selanjutnya dilakukanlah perlakuan yang berbeda dalam pembelajaran yakni me nggunakan media visual gambar seri. Kemudia n diberikan lagi test, test ini yang disebut posttest . Hasil dari pretest dan posttest selanjutnya dianalisis kemudian didapatkan hasil bahwa Perhitungan uji hipotesi dengan menggunakan uji - t diperoleh t hitung = 2 ,07 sedangkan pada taraf signifikan untuk 0,05 dan db = 30 diperoleh t tabel = 1,69 dengan demikian t hitung > t tabel . Hal itu men