STRATEGI 7P UNTUK PERLUASAN PANGSA PASAR SEKTOR INDUSTRI PARIWISATA DI DESA EKOWISATA KERUJUK

Main Authors: Suryawati, Baiq Nurul, Kusmayadi, Iwan, Wardani, Laila
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/9948/1/ARTIKEL%20Pengabdian%20BOPTN-2018%20a.n%20Baiq%20Nurul%20dkk.pdf
http://eprints.unram.ac.id/9948/
Daftar Isi:
  • Program pengabdian masyarakat BOPTN FEB UNRAM ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada para pemilik usaha yang ada di Desa Ekowisata Kerujuk. Dalam usaha memasarkan produknya para pemilik usaha sudah menggunakan beberapa media sosial sebagai alat bantu, seperti instagram, facebook, youtube, whatsapp, twitter bahkan wordpress. Penggunaan media sosial seadanya menyebabkan usaha yang mereka lakukan tidak dapat optimal. Pemberian materi mengenai strategi 7P yang dilakukan membantu mereka memahami hal-hal yang menjadi permasalahan utama mereka. Hal tersebut antara lain ketidak-mampuan mereka mengenali atribut utama produk mereka, inilah yang akhirnya membuat mereka tidak dapat memetakan konsumen dengan baik sehingga promosi yang mereka lakukan tidak membuahkan banyak hasil. Untuk menjalankan program pengabdian ini, metode intervensi berupa pemberian ceramah dan tanya-jawab dilakukan untuk merubah pemikiran para pemilik usaha sehingga konsep pemasaran yang mereka terapkan dapat menyeluruh sesuai dengan harapan konsumen. Berdasarkan hasil pengabdian terhadap masyarakat ini, dapat diuraikan permasalahan utama adalah memperbanyak saluran disitribusi. Untuk mengupayakan rekomendasi tersebut maka para pemilik usaha diharapkan dapat menjalin kerja-sama dengan BUMDES-Mart sebagai sarana peningkatan saluran distribusi untuk meningkatkan pangsa pasar.